tips rambut sehat anak remaja masa kini

Beranjak dari pengalaman saya sewaktu SMP, 7 tahun yang lalu saya pernah cukur rambut ke pangkas rambut karena pada saat itu disekolahan guru melakukan razia terhadap anak laki-laki yang berambut panjang. Setelah terjadi proses cutting hair yang dilakukan oleh tukang pangkas rambut di pasar, alhasil model yang saya dapatkan tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Dengan model toloy saya menjadi tidak pede untuk ke sekolah… Hehehe
Seandainya saja saat itu saya tahu bagaimana cara memperpanjang rambut saya dengan lebih cepat dari pertumbuhan rambut normal pasti sudah saya lakukan cara tersebut.
Sayangnya cara ini baru saya temukan sekarang. Nah untuk anda yang saat ini mengalami nasib serupa dengan pengalaman saya tersebut tidak ada salahnya mencoba tips berikut, cekidot :

1. Perlancar aliran darah di kepala. Untuk merangsang pertumbuhan rambut cobalah memperlancar aliran darah di kepala sehingga pasokan nutrisi menjadi lebih banyak ke daerah rambut.
* Pijit-pijit kulit kepala Anda dengan ujung-ujung jari setiap hari. Lakukan ketika rambut basah pada waktu keramas maupun dalam keadaan kering. Lakukan kapan saja!
* Sebelum tidur tundukkan kepala dan sikat rambut dengan lembut mulai dan akar sampai ujung rambut.
* Lakukan senam yang mengutamakan kekuatan jantung seperti aerobik dan joging. Kegiatan ini memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga nutrisi yang sampai ke daerah akar rambut pun menjadi cepat.
2. Hilangkan ujung rambut yang rusak. Ujung-ujung rambut yang rusak (kering maupun pecah-pecah) akan merambat ke batang rambut dan menyebabkan batang rambut ikut rusak jika tidak dirawat. Akibatnya, secara keseluruhan rambut dapat menjadi lebih cepat rusak termasuk rambut baru yang tumbuh. Untuk mencegah hal tersebut kunjungi penata rambut Anda tiap 8-10 minggu sekali, dan minta ia untuk mentrim ujung-ujung rambut Anda. Tegaskan bahwa Anda hendak memanjangkan rambut sehingga ia hanya memotong ujung-ujung rambut yang pecah-pecah saja. Biasanya penata rambut tersebut akan memotong dalam keadaan kering karena sangat sukar mendeteksi ujung rambut yang pecah dalam keadaan basah.
3. Biarkan kulit kepala bernapas. Rambut yang tertutup terus menerus akan membuat minyak dan kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Agar pertumbuhan rambut berjalan baik, maka jaga agar kulit kepala senantiasa bersih. Jika Anda sering berkeringat, atau rambut Anda berminyak maka tidak ada salahnya untuk melakukan keramas tiap hari dengan menggunakan sampo yang sangat lembut. Jangan lupakan pula akan kebersihan perangkat rias rambut, terutama sisir! Sisir dan sikat rambut yang kotor membuat kotoran menumpuk kembali menempel di rambut dan kulit kepala tiap kali Anda menyisir.
4. Manjakan rambut Anda. Perlu diketahui bahwa rambut panjang adalah rambut yang tua dan cenderung rapuh, karena itu perlakukan dengan sangat hati-hati.Pilih shampo yang lembut dengan kandungan pelembap. Jika Anda menggunakan hairdryer, catok dan sebagainya, olesi dengan kondisoner dan serum setelah keramas tanpa dibilas. Berguna untuk melindungi rambut dari suhu tinggi. Seminggu sekali gunakan masker rambut. Selain itu, cermati cara Anda menata rambut. Jangan terlalu sering mengikat rambut ke belakang dengan kencang. Akan membuat rambut mudah patah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s